Resep Es Jus Buah Madu

Resep Es Jus Buah Madu


Ingin minum yang segar-segar agar aktifitas kembali semangat. Silahkan untuk mencoba Es Jus yang satu ini.

Bahan :
  • 3 sdm madu
  • 200 gr semangka
  • 100 gr melon
  • 200 gr ketimun, dibuang bijinya
Bahan Pelengkap :
  • 150 gr es serut
Cara Membuat Es Buah Madu :
  1. Blenderlah semua bahan madu, semangka, melon, dan ketimun hingga lembut.
  2. Ambilah gelas saji, lalu tuangkan bahan yang sudah diblender ke dalam gelas saji
  3. Setelah itu tambahkan es serut diatasnya.
  4. Es Buah Madu siap untuk dihidangkan.
Untuk 3 gelas

Related Posts:

Resep Tumis Udang Pasta Tomat

Resep Tumis Udang Pasta Tomat


Terkadang bingung untuk menyajikan apa di hari ini, karena takut membuat keluarga bosen dengan masakan yang itu-itu aja, namun jangan khawatir, kali ini kami menghadirkan resep yang pas buat keluarga diruma, yaitu Tumis Udang Pasta Tomat. Simak dibawah ini jika ingin mencobanya..

Bahan :
  • 300 gr udang jerubung, kupas, sisakan ekor, kerat punggung
  • 5 buah cabai kering, iris serong
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 buah tomat merah, potong-potong
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm pasta tomat
  • 50 ml air
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
Cara Membuat Tumis Udang Pasta Tomat :
  1. Pertama, tumislah bawang bombay, cabai kering, dan bawang putih hingga baunya harum. Lalu masukkan udang dan tomat. Aduk hingga udang berubah warna dan tomat menjadi setengah layu.
  2. Setelah itu, masukkan saus tiram, kecap ikan, pasta tomat, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk hingga rata.
  3. Terakhir, tuanglah air. Kemudian masaklah hingga matang dan bumbunya meresap.
  4. Tumis Udang Pasta Tomat siap untuk di sajikan.
Untuk 8 porsi

Related Posts:

Resep Tumis Udang Tomat

Resep Tumis Udang Tomat


Tumis Udang Tomat - Menu yang satu ini memiliki aroma yang dapat menggugah selera makan kita. Tak kalah dengan macam-macam tumis yang lainnya, karena tumis yang satu ini menggunakan bahan dasa udang. hemmm.. nyam.. nyam..

Bahan :
  • 400 gr udang, dikerat punggungnya
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 batang daun bawang, dipotong serong
  • 6 buah cabai rawit merah, dibelah 2 bagian
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daun
  • 3 buah tomat merah, dipotong dadu
  • 1 sdt garam
  • 5 butir bawang merah, dicincang kasar
  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 3/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kecap ikan
  • 200 ml air
  • 1/2 sdt merica bubuk
Cara Membuat :
  1. Pertama lumuri udang 1/2 sdt air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10 menit.
  2. Setelah itu tumislah bawang merah, jahe, daun jeruk, dan bawang putih hingga baunya harum.
  3. Jika sudah harum, masukkan udang. Aduklah hingga berubah warna. Lalu tambahkan tomat dan cabai rawit merah. Aduk hingga layu.
  4. Terakhir, masukkan gula pasir, merica bubuk, kecap ikan, dan garam. Aduklah hingga rata. Jika sudah tuangkan air. Kemudian masaklah hingga matang dan tambahkan daun bawang. aduk lagi hingga tercampur rata.
  5. Tumis Udang Tomat siap untuk disajikan.
Untuk 5 porsi

Related Posts:

Resep Perkedel Jagung

Resep Perkedel Jagung


Menu dengan bahan dasar jagung manis yang dinamakan Perkedel Jagung ternyata dapat menarik perhatian banyak orang. Karena rasanya yang enak dapat menggugah selera makan kita semakin besar. Resep yang satu ini perlu anda hidangkan untuk keluarga anda.

Bahan :
  • 4 jagung manis, (2 jagung disisir, 2 jagung lagi dipipil dan di tumbuk)
  • 100 gr tepung terigu
  • 3 buah cabai rawit merah, diiris serong
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 2 tangkai daun ketumbar, iris halus
  • 1 sdm air
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
Cara Membuat Perkedel Jagung :
  1. Pertama, campurlah jagung manis, telur, daun ketumbar, tepung terigu, cabai rawit merah, kaldu ayam bubuk, dan air. Aduk hingga rata.
  2. Kemudian sendokkan campuran jagung menggunakan sendok sayur ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Gorenglah hingga warnanya kuning kecoklatan dan benar-benar matang.
  3. Perkedel Jagung siap untuk di sajikan.
Untuk 15 perkedel

Related Posts:

Resep Perkedel Tempe Bumbu Terasi

Resep Perkedel Tempe Bumbu Terasi


Perkedel Tempe Bumbu Terasi ini mungkin bisa anda coba dirumah untuk makanan si buah hati anda. Karena menu yang satu ini sangat cocok di sajikan pada pagi hari, siang hari, malam hari. Simak langkah-langkah dibawah jika anda ingin membuatnya.

Bahan :
  • 200 gr tempe, dikukus, dihaluskan
  • 2 tangkai kemangi, dipetik, diiris halus
  • 1 butir telurm dikocok lepas
  • 2 buah cabai merah besar, dicincang halus
  • Minyak goreng, untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 1 sdt terasi, dibakar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 4 siung bawang putih, digoreng
  • 4 butir bawang merah, digoreng
Cara Membuat Perkedel Tempe Bumbu Terasi :
  1. Pertama, aduklah tempe, kemangi, telur, cabai merah, dan bumbu halus.
  2. Setelah itu ambilah sedikit campuran tempe. Bentuklah menjadi bulat pipih sambil dipadatkan.
  3. Terakhir, gorenglah hingga benar-benar matang.
  4. Perkedel Tempe Bumbu Terasi siap untuk dihidangkan.
Untuk 12 perkedel tempe

Related Posts:

Resep Perkedel Tahu Kornet

Resep Perkedel Tahu Kornet


Perkedel tahu kornet ini sangat digemari oleh banyak orang, karena rasanya tidak kalah mantap dengan perkedel yang lain. Jika anda ingin mencoba perkedel tahu kornet ini, jangan lupa bulatkan perkedel sambil dipadatkan agar perkedel tidak hancur saat digoreng.

Bahan :
  • 100 gr kornet, lembuatkan
  • 400 gr tahu putih, haluskan 
  • 1/2 sdt angciu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih
 Cara Membuat Perkedel Tahu Kornet :
  1. Pertama, aduklah kornet, tahu, bumbu halus, dan daun bawang.
  2. Setelah itu masukkan cabai bubuk, dula pasir, dan garam. Kemudian tambahkan angciu, dan telur, aduk hingga merata.
  3. Ambilah adonan 1 sdt, lalu bentuklah menjadi bulat dan pipihkan.
  4. Yang terakhir, goernglah hingga warnanya kuning kecoklatan dan benar-benar matang.
  5. Perkedel Tahu Kornet siap untuk disajikan.
Untuk 18 perkedel tahu

Related Posts:

Resep Perkedel Bayam Sederhana

Resep Perkedel Bayam Sederhana


Biasanya kebanyakan orang-orang membuat perkedel kentang biasa dan tanpa campuran apapun, namun kali ini kami akan menghadirkan menu yang unik, yaitu perkedel bayam. Penasaran??? simak langkah-langkah dibawah berikut ini.

Bahan :
  • 450 gr kentang, dipotong-potong, digoreng, dihaluskan
  • 1 ikat bayam, dicuci, diiris halus
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih goreng, dihaluskan
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 2 putih telur, dikocok lepas untuk pelapis
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 tangkai daun bawang, diiris halus
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Minyak goreng, untuk menggoreng
Cara Membuat Perkedel Bayam :
  1. Pertama, campurlah kentang, bawang putih goreng bayam, bawang merah goreng, pala bubuk, telur, garam, daun bawang, merica bubuk, gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Kemudian ambilah sedikit campuran adonan tadi, lalu bentuklah menjadi bulat pipih.
  3. Sesudah itu celupkan kedalam putih telur.
  4. Jika sudah, langsung gorenglah hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  5. Perkedel Bayam siap untuk disajikan.
Untuk 12 perkedel bayam

Related Posts:

Resep Perkedel Kentang Sederhana

Resep Perkedel Kentang Sederhana


Perkedel memang sudah menjadi makanan favorit bagi indonesia, karena rasanya yang membuat selera makan kita semakin besar.

Bahan :
  • 250 gr kentang
  • 2 butir bawang merah, iris, goreng, remas-remas
  • 1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup
  • 1/8 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 tangkai seledri, iris halus
  • Minyak goreng, untuk menggoreng
Cara Membuat Perkedel Kentang :
  1. Pertama, irislah kentang. Lalu goreng hingga matang. Angkat, dan langsung haluskan selagi masih panas.
  2. Sesudah itu, Tambahkan bawang merah goreng, merica bubuk, gula pasir, dan pala bubuk. Aduk hingga rata.
  3. Terakhir, ambilah sedikit campuran kentang. Kemudian bentuk menjadi bulat pipih. Celupkan ke telur, dan gorenglah hingga matang.
  4. Perkedel Kentang siap untuk di sajikan.
Untuk 5 perkedel kentang

Related Posts:

Resep Udang Tumis Petai

Resep Udang Tumis Petai


Makanan anda akan terasa lebih nikmat jika ada menu yang satu ini di meja makan anda. Menu yang satu ini cocok untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam. Rasa dari menu yang satu ini, hmmmmm.. cobain sendiri dehh, yang pasti sangat laziizz..

Bahan :
  • 200 gr udang, kupas, sisakan ekor, dikerat
  • 100 ml air
  • 10 buah petai, dibelah dua
  • 5 butir bawang merah, diiris
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 buah cabai merah, diiris serong
  • 2 sdt kecap manis
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
Cara Membuat Udang Tumis Petai :
  1. Pertama, tumislah cabai merah, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Lalu tambahkan petai, aduklah hingga menjadi layu.
  2. Setelah itu, tambahkan udang, aduk lagi hingga berubah warna.
  3. Terakhir, masukkan merica bubuk, kecap manis, dan garam. Aduk hingga rata. Jika sudah, tuangkan air, kemudian masak hingga benar-benar matang.
Untuk 3 porsi

Related Posts:

Resep Tumis Udang Sambal Terasi

Resep Tumis Udang Sambal Terasi


Udang yang satu ini meskipun kecil dagingnya, namun rasanya dapat menggugah nafsu makan kita. Cobain deh kalo anda nggak percaya. Kami menghadirkan cara-cara untuk membuat resep yang satu ini, simak jika anda penasaran.

Bahan :
  • 300 gr udang api-api, dibuang kepalanya
  • 150 gr kentang, dipotong kotak
  • 100 ml air
  • 3 buah cabai hijau besar
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya, diiris halus
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt air jeruk limau
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Bumbu Tumbuk Kasar :
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 1/2 sdt terasi, dibakar
Cara Membuat Tumis Udang Sambal Terasi :
  1. Pertama lumuri udang menggunakan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Lalu Goreng berkulit. Goreng kentang juga. Sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng. Kemudian tumislah bumbu tumbuk kasar, daun jeruk, dan daun salam hingga baunya harum.
  3. Terakhir, masukkan kentang dan udang, lalu aduk hingga rata. Sesudah itu masaklah hingga matang dan meresap.
  4. Tumis Udang Sambal Terasi siap untuk dihidangkan.
Untuk 6 porsi

Related Posts:

Resep Udang Bakar Barbeque Lada Hitam

Resep Udang Bakar Barbeque Lada Hitam


Nyamm.. nyamm.. Udang bakar Barbeque Lada Hitam. Siapa nihh yang udah pernah ngerasain rasanya menu yang satu ini. Yang belum pernah, sudah pasti dong penasaran dengan rasa menu yang satu ini. Jika penasaran, langsung saja deh, berikut ini adalah cara pembuatannya dan bahan-bahan yang diperlukan.. Selamat mencoba.

Bahan :
  • 500 gr udang pancet ukuran besar, belah punggungnya memanjang
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk lemon
Bahan Perendam :
  • 150 gr saus barbeque
  • 25 gr saus tomat
  • 3 sdm madu
  • 1/2 sdt kecap inggris
  • 1/2 sdt basil
  • 1/2 sdt oregano
  • 2 1/2 sdt merica hitam kasar
  • 2 sdm margarin, lelehkan
  • 1 sdt peterseli, cincang
  • 20 tusuk sate
Cara Membuat :
  1. Pertama, baluri udang dengan garam dan air jeruk lemon. Lalu diamkan selama 15 menit.
  2. Bahan Perendam : Campurlah margarin, saus tomat, saus barbeque, basil, oregano, madu, kecap inggris, peterseli cincang, dan merica hitam kasar. Aduk rata.
  3. Kemudian masukkan udang kedalam bumbu perendam. Diamkan selama 30 menit.
  4. Terakhir, tusuklah udang dengan posisi memanjang. Setelah itu bakarlah udang sambil dioles-olesi dengan sisa bumbu yang masi ada hingga matang.
  5. Udang Bakar Barbeque Lada Hitam siap untuk disajikan.
Untuk 20 tusuk

Related Posts:

Resep Udang Selimut Tahu

Resep Udang Selimut Tahu


Semua orang berkata, bahwa makanan jenis seafood itu jika dibuat masakan seperti apa saja pasti hasilnya enak. Memang betul yang namanya udang atau kepiting, kalau direbus saja rasanya sudah enak. Apalagi diolah menjadi resep yang satu ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya.
Bahan :
  • 350 gr udang jerubung, kupas, sisakan ekornya, kerat punggung dan uratnya
  • 100 gr ayam giling
  • 300 gr tahu cina, haluskan
  • 75 gr tepung sagu untuk melapisi
  • 6 siung bawang putih, goreng sebentar, haluskan
  • 4 sdt tepung terigu
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat :
  1. Pertama campurlah tahu, ayam giling, bawang putih, tepung terigu, telur, merica bubuk, gula pasir, daun bawang, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kemudian luruskan udang. Lalu balut dengan campuran tahu hingga sebatas ekornya.
  3. Terakhir, gulingkan ke tepung sagu. Setelah itu gorenglah hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  4. Udang Selimut Tahu siap untuk disajikan.
Untuk 8 porsi

Related Posts:

Resep Sup Udang Jagung Pedas Mantap

Resep Sup Udang Jagung Pedas Mantap


Uhhh yeeaahh, lezatnya sup udang jagung ini, paling mantap jika di santap selagi panas. Jika ingin mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Bahan :
  • 350 gr udang jerubung, kupas, sisakan ekornya, dibelah punggungnya
  • 1.500 ml air kaldu udang
  • 50 gr soun, direndam, potong-potong.
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah, diiris tipis
  • 4 sdt garam
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 buah jagung manis, direbus, dipipil
  • 2 buah cabai hijau besar, dipotong serong
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 buah cabai merah besar, dipotong-potong
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1/2 sdm kecap ikan
Cara Membuat :
  1. Pertama, Tumislah bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, dan cabai rawit hingga baunya harum. Lalu masukkan tomat, dan aduk hingga setengah layu.
  2. Kemudian tuang air kaldu udang. Rebuslah hingga mendidih, dan masukkan udang. Sesudah itu masaklah hingga berubah warnanya.
  3. Jika sudah, tambahkan jagung manis, gula pasir, garam, dan kecap ikan. Aduk sampai rata.
  4. Terakhir, masaklah hingga matang dan mendidih. Setelah semua sudah selesai, masukkan daun bawang dan soun. Aduk sampai rata.
  5. Sup Udang Jagung Pedas siap untuk disajikan.
Untuk 6 porsi

Related Posts:

Resep Sate Bandeng Gurih

Resep Sate Bandeng Gurih

Resep sate bandeng yang satu ini memang sangat komplit, karena kombinasi santan, kelapa parut, bumbu pepes dan bumbu bumbu pelengkapnya menjadikan masakan ini sangat special rasanya. Anda ingin coba... Ini Resepnya.

Bahan yang dibutuhkan :
  • 600 gr Ikan bandeng segar
  • 200 ge Kelapa parut. di sangrai, di tumbuk kasar
  • 200 ml Santan dari 1 butir kelapa
  • 2 butir Telur, di kocok lepas
  • 3 sdm Minyak untuk menumis
Untuk bumbu Halus :
  • 6 butir Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 4 bh Cabai merah keriting
  • 2 sdt Ketumbar
  • 2 cm Lengkuas
  • 2 cm Kunyit di bakar
  • 1 sdt Asam jawa
  • 1 sdt Gula merah sisir
  • 1/4 sdt Jinten
  • 2.1/2 sdt Garam
Untuk bumbu Pepes ( di haluskan ) :
  • 8 butir Kemiri di sangrai
  • 5 siung Bawang putih
  • 10 butir Bawang merah
  • 3 bh Cabai besar merah
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/4 sdt Gula pasir
Cara membuat :
  1. Pertama bersihkan ikan bandeng, kelujarka tulang dan dagingnuya. Sisakan kulitnya perlahan agar tidak sobek, sisihkan.
  2. Sangrai daging ikan, buang durinya lalu haluskan.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, sisihkan
  4. Aduk rata daging bandeng halus dengan bumbu halus tumis, telur, kelapa parut dan santan, isikan ke perut ikan, Lalu lumuri dengan bumbu pepes, bungkus dengan daun pisang.
  5. Terakhir kukus kurang lebih 30 menit ( sampai matang ), angkat
Selamat mencoba...

Related Posts:

Resep Sate Ayam Banjar Special

Satu lagi resep sate yang akan saya bagikan kepada anda, yaitu Resep Sate Banjar. Rasanya cukup enak juag, tidak kalah dengan sate sate yang lain, caranyapun juga sangat mudah dan bisa juga di hidangkan pada keluarga maupun acara tertentu..... Nih resepnya..

Bahan bahan :
  • 300 gr Paha ayam filet ( potong 1x4cm )
  • 1,5 sdm Kecap manis
  • 1,25 sdt Garam 
  • 1 sdm Minyak goreng
Bahan untuk Sambal :
  • 3 bh Cabai merah besar ( rebus )
  • 6 bh Cabai rawit merah ( rebus )
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 sdt Peting udang
  • 5 sdm Saus tomat
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 2 sdm Air
 Cara mengolahnya :
  1. Untuk sambal : Pertama haluskan cabai rawit, cabai merah dan bawang putih. Lalu masukkan saus tomat, petis udang,garam, gulapasir dan air. Aduk rata.
  2. Masukkan daging ayam ke tusuk sate.
  3. Setelah itu kecap manis, minyak goreng, garam dan 5 sendok makan bahan sambal yang sudah di haluskan. Lumurkan sate kurang lebih sekitar 30 menit.
  4. Setelah cukup, Bakar sambil di putar putar dan di oles sisa bumbu sampai harum dan matang.
  5. Sajikan sate dengan sisa bumbu.
Untuk 15 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Kambing Sambal Kecap

 Kali ini resep sate yang saya buat beda. Kalau yang dulu hanya dagingnya saja yang saya pakai, tapi sekarang ada bagian hati dan lemaknya, sehingga membuat sate kambing ini semakin gurih dan enak.. mungkin anda penasaran..Ini saya beritahu resepnya....

Bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gr Hati kambig di potong potong 2x2cm
  • 100 gr Lemak kambing di potong potong 2x2cm
  • 300 br Daging kambing di potong potong 2x2cm
  • Tusuk sate secukupnya
Bahan utnu Sambal Kecap ( aduk rata )
  • 4 butir Cabai rawit
  • 3 butir Bawang merah di iris kasar
  • 1 bh Tomat, di potong dadu
  • 5 sdm Kecap manis
Cara pengolahan :
  1. Tusuk daging, hati dan lemak kambing secara bergantian
  2. Lalu bakar di atas bara api sampai matang
  3. Dan satepun siap di sajikan beserta lontong dan sambal kecapnya

Related Posts:

Resep Kue Nastar Jeruk Lebaran

Resep Kue Nastar Jeruk Lebaran


Rasanya gurih, enak sangat cocok sekali untuk di hidangkan pada hati lebaran. Namun selain rasanya yang enak, kue ini kalau di lihat bentuk dan warnanya sangat lucu dan menggemaskan. yang jelas anak anak pasti menyukainya. Ibu ibu , saya akan berbagi resep dan cara membuatnya..Mau ?

Bahan untuk Isi :
  • 100 gr Jeruk kaleng, di potong potong
  • 400 gr Nanas yang sudah di parut
  • 100 gr Gula pasir
  • 1 sdt Air jeruk lemon
  • 3 cm Kayu manis
  • 2 butir Cengkeh
  • 1/4 Garam
Bahan untuk Kulit:
  • 225 gr Tepung margarine ptotein rendah
  • 100 gr Margarine
  • 25 gr Susu bubuk
  • 30 gr Maisena
  • 75 gr Mentega tawar dingin
  • 45 gr Gula tepung
  • 15 gr Cengkeh
  • 1 Kuning telur
  • 1 sdt Kulit jeruk lemon
  • 1 sachet (11gr) Sari jeruk instant ( Nutrisari )
Bahan untuk Olesan ( aduk rata ) :
  • 2 Kuning telur
  • 1 sdt Teh cream kental
  • 1/4  sdt Madu
Cara membuatnya :
  1. Untuk Isi : Masak nanas sampai air meresap, lalu tambahkan cengkeh, kayu manis, gula pasir, dan garam. di masak sambil di aduk sampai kering. kemudian masukkan jeruk kaleng dan air jeruk lemon, aduk sampai rata, keringkan dan dinginkan.
  2. Kemudian kocok margarine, mentega tawar dingin, dan gula tepung sampai lembut. dan tambahkan kuning telur, sari jeruk instan, dan kulit jeruk. kocok sampai rata.
  3. Lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, maisena sambil di ayak dan di aduk sampai rata.
  4. Setelah itu ambil adonan kulit, pipihkan, beri isi, bentuk bulat dan tusuk dengan cengkeh di bagian tengah nasta,. lalu di aduk rata. Letakkan di loyang yang sudah di olesi tipis dengan margarine.
  5. Langkah terakhir : Oven kue dengan api di bawah suhu 150C. selama kurang lebih 15 menit atau sampai setengah matang, lalu ambil sebentar, dan olesi lagi dengan bahan olesan. Masukkan lagi ke dalam oven dengan suhu 150C selama 15 menit/ sampai matang.
Untuk 712 gr

Related Posts:

Resep Udang Lada Hitam

Resep Udang Lada Hitam


Siapa sih yang tak pernah makan udang, pastinya semua orang sudah pernah merasakan bagaimana rasa udang. Kebanyakan di wartek atau lestoran, udang tersebut hanya di goreng dengan dicampurkan tepung, memang rasanya sangat lezat. Tapi lebih lezat nya lagi lagi adalah udang dimasak menjadi Udang Lada Hitam. Penasaran???
Langsung saja, berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya.

Bahan : 
  • 500 gr udang galah, belah punggungnya
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 buah bawang bombay, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 cabe merah besar
  • 1/2 sdm tepung maizena, encerkan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 sdt lada hitam, tumbuk kasar
  • Minyak goreng
  • 150 ml air
  • 1 buah paprika hijau, potong-potong
Cara Membuat :
  1. Gorenglah udang hingga agak kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu tumislah bawang putih dan bawang bombay, kemudian tambahkan cabe dan paprika. Tumislah hingga layu.
  3. Masukkan kecap asin, kecap manis, dan saus tiram. Tambahkan air dan masaklah hingga mendidih. Lalu berilah lada hitam, garam, dan gula.
  4. Yang terakhir masukkan udang dan aduklah sebentar saja. Kemudian masukkan larutan maizena. Aduk lagi hingga rata.
  5. Udang Lada Hitam siap untuk disajikan.

Related Posts:

Resep Burger Mie

Resep Burger Mie


Hay bunda kali ini kami akan mengajak bunda untuk membuat resep baru. Burger mie inilah yang pas untuk bekal anak-anak bunda yang akan pergi ke sekolah.
Langsung saja ya bunda, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat burger mie.
Selamat mencoba bunda..

Bahan Mie :
  • 1 sdm margarin
  • 3 butir telur
  • 2 bungkus mie instan, rebus
  • 1 batang daun bawang, iris tipis-tipis
Bahan Burger :
  • 2 siung bawang putih, di haluskan
  • 2 sdm margarin
  • 400 gr daging giling
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
  • Saus sambal secukupnya
  • Mayones secukupnya
  • Selada secukupnya
  • Timun, iris tipis
  • Tomat, iris tipis
  
Cara Membuat :
  1. Membuat Mie : Campur mie dengan bumbu mie, daun bawang, dan telur. Aduklah hingga rata.
    Panaskan pan dadarkemudian letakkan ring cutter dengan diameter 8 centi meter. Berilah sedikit margarin. Sesudah itu masukkan adonan mie dan masak hingga matang lalu angkat. Sisihkan dahulu.
  2. Membuat Burger : Campurlah daging dengan garam, bawang putih, dan merica bubuk. Kemudian aduklah hingga rata. Lalu ambil 2 sdm adonan, setelah itu bulatkan dan pipihkan. Panaskan pan dadar dan masaklah burger sampai matang kemudian angkat.
  3. Cara Menyajikan : Ambilah satu buah mie kemudian letakkan selada, tomat, timun, dan burger. Kemudian berilah mayones dan saus sambal. Burger Mie siap disajikan.

Related Posts:

Resep Capcay Sosis

Resep Capcay Sosis



Hallo mama, kali ini kami akan menghadirkan resep yang rasanya lezat dan cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu Capcay sosis. Resep ini sangat pas jika di sajikan kepada keluarga disaat pagi.
Langsung saja ya mama, berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya. Selamat mencoba mama..

Bahan :
  • 100 ml air
  • 3 sdm minyak goreng
  • 3 batang sawi hijau
  • 5 buah jamur kancing
  • 25 gr kacang kapri
  • 1 bungkus saori saus tiram
  • 3 buah sosis sapi
Cara Membuat :
  1. Cucilah jamur dan sawi hingga bersih kemudian potong-potong dan sisihkan dahulu. Setelah itu potong dan iris-iris sosis sapi.
  2. Panaskan minyak dan tumislah jamur, sawi, kapri, dan sosis. Aduklah hingga rata. Tambahkan saori saus tiram dan air. Masaklah dengan menggunakan api sedang hingga semuanya matang.
  3. Capcay Sosis pun siap untuk di sajikan.

Related Posts:

Resep Es Cappuccino Cincau

Resep Es Cappuccino Cincau


Menu baru untuk pecinta es cincau, kali ini kami akan berbagi info tentang es cincau yang dipadukan dengan rasa cappucino. Memang kelihatannya aneh, namun rasa es yang satu ini sangat enak dan segar, silahkan mencobanya jika anda tidak percaya. Tidak sulit, dan sangat praktis.

Bahan :
  • 600 gr es batu, dipecahkan
  • 100 ml air dingin
  • 50 gr gula pasir
  • 50 gr susu bubuk coklat (misal, milo)
  • 25 ml susu kental manis putih
  • 2 bungkus cappucino bubuk
Bahan Bola-bola Sagu :
  • 1 sdm gula tepung
  • 1/4 sdt kopi instan bubuk
  • 50 ml air hangat
  • 100 gr tepung sagu
Bahan Pelengkap :
  • 2 sdm susu kental manis coklat
  • 200 gr cincau hitam, diparut dengan parutan keju
Cara Membuat :
  1. Bubble, aduk tepung sagu, air, gula tepung, dan kopi instan bubuk. Bentuk bulat kecil-kecil. Lalu rebuslah kedalam air yang mendidih sampai mengapung dengan sendirinya. Kemudian masukkan ke dalam air es.
  2. Setelah itu blender halus air, susu coklat, cappuccino bubuk, gula pasir, susu kental manis, dan es batu.
  3. Es Capuccino Cincau siap untuk disajikan dengan bola-bola sagu dan pelengkapnya.
Untuk 4 gelas

Related Posts:

Resep Es Krim Jelly Stroberi

Resep Es Krim Jelly Stroberi


Menu es krim baru nih, es krim ini memiliki rasa stroberi yang telah di kombinasikan dengan bahan-bahan yang lainnya yang dapat membuat orang menyukai es yang satu ini, contohnya ditambah dengan jelly bubuk, selai, dan lain sebagainya. Penasarankan bagaimana cara membuat es yang satu ini. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda simak jika anda ingin mencobanya..

Bahan :
  • 50 gr stroberi, dibelah dua
  • 50 gr gula pasir
  • 50 gr selai stroberi
  • 3 tetes pewarna merah cabai
  • 1 sdt agar-agar bubuk (2 gram)
  • 1 1/2 sdt jelly (6 gram)
  • 400 ml air
Bahan Pelengkap :
  • 4 skup es krim vanila
  • 4 skup es krim stroberi
  • 2 sdm sirup stroberi
  • 50 gr stroberi segar
Cara Membuat :
  1. Pertama, rebuslah air hingga mendidih, lalu tambahkan jelly instan, agar-agar, dan gula pasir sambil diaduk hingga mendidih. Kemudian masukkan selai stroberi dan pewarna merah cabai yang sudah disiapkan. Aduk rata.
  2. Setelah itu tuangkan sebagian di gelas. Tata stroberi, dan biarkan setengah beku. Lalu tuangkan lagi di atasnya. Bekukan.
  3. Resep Es Krim Jelly Stroberi siap untuk di hidangkan.
Untuk 4 gelas

Related Posts:

Resep Es Krim Tiga Warna Tiga Rasa

Resep Es Krim Tiga Warna Tiga Rasa


Es krim biasanya memiliki satu rasa seperti coklat, stroberi, dan lain-lain. Akan tetapi es krim yang satu ini memiliki tiga rasa. Wow penasaran kan? Langsung saja deh simak baik-baik langkah-langkah dibawah ini jika anda ingin mencobanya..

Bahan :
  • 50 gr chocholate chip kecil
  • 350 gr stroberi, potong kotak kecil
  • 250 ml air es
  • 1 bungkus frozen yogurt (misal, pondan)
  • 3 sdm susu kental manis coklat
  • 2 sdm sirup rasa frambozen
Cara Membuat :
  1. Pertama, kocoklah frozen yogurt ice cream bubuk instan dan air es dengan kecepatan tinggi sampai menjadi kental. Setelah itu bagilah menjadi 3 adonan.
  2. Setelah itu, satu adonan tambahkan stroberi dan frambozen. Aduk rata. Satu adonan lagi tambahkan chocholate chip dan susu kental manis coklat. Aduk rata. Yang satu adonan lagi biarkan putih.
  3. Sesudah itu masukkan masing-masing adonan kedalam plastik segitiga.
  4. Yang terakhir, tuangkan adonan sirup ke cetakan loli stick sampai 1/3 bagian. Tuangkan adonan susu diatasnya sampai 2/3 bagian. Tuang adonan putih diatas adonan susu, sampai setinggi cetakan loli. Kemudian tusuk dengan tusukan loli. Sesudah itu bekukan di freezer, minimal 6 jam.
Untuk 24 buah

Related Posts:

Resep Es Krim Potong Stroberi

Resep Es Krim Potong Stroberi


Resep es krim yang satu ini dapat menggugah selera, karena es krim yang satu ini memiliki rasa stroberi yang dipadukan dengan air jeruk lemon dan bahan yang lainnya. Bukan hanya itu, tampilan es krim ini telah dilengkapi oleh waver yang berada diatasnya. Resep yang satu ini sangat wajib anda coba, karena es krim ini juga bisa membuat orang jadi ketagihan.

Bahan :
  • 250 gr stroberi, dicuci bersih, dicincang kasar
  • 150 gr krim bubuk
  • 300 gr air es
  • 1 sdt air jeruk
  • 150 gr susu kental manis putih
  • 400 gr wafer vanila, dicincang kasar untuk pelengkap
  • 4 tetes pewarna merah muda
Cara Membuat :
  1. Pertama, kocoklah air es dan krim bubuk hingga mengembang. Simpan ke dalam lemari es.
  2. Kemudian aduklah stroberi, air jeruk lemon, susu kental manis hingga rata.
  3. Lalu tuang ke kocokan krim. Aduk rata. Setelah itu tambahkan pewarna merah muda. Aduk lagi hingga rata.
  4. Jika sudah selesai tuangkan ke loyang alumunium foil ukuran 22x22x4 cm. Ratakan.
  5. Terakhir, taburkan wafer vanila diatasnya. Kemudian bekukan.
Untuk 15 potong

Related Posts:

Resep Abon Ikan Tuna

Resep Abon Ikan Tuna


Sajikan resep abon yang satu ini, karena abon ini memiliki tekstur rasa daging ikan tuna, hmmm siapa yang ingin cobain resep ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan :
  • 500 gr ikan tuna
  • 1 sdt garam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam jawa (dari 1/2 sdt asam jawa)
  • 1 sdt gula merah, disisir
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdt air jeruk nipis
Bumbu Halus :
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 sdt ketumbar
  • 6 butir bawang merah
Cara Membuat :
  1. Pertama, baluri ikan tuna menggunakan air jeruk dan garam. Lalu kukuslah di atas api sedang selama 20 menit hingga matang. Setelah itu suwir-suwir halus ikan tunanya.
  2. Sesudah di suwir-suwir, lumuri suwiran ikan dengan bumbu halus yang sudah disiapkan.
  3. Terakhir, Tumislah suwiran ikan, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, gula merah, dan lengkuas. Kemudian tambahkan air asam jawa. Aduklah terus hingga matang dan kering.
Untuk 185 gram

Related Posts:

Resep Abon Ikan Bandeng

Resep Abon Ikan Bandeng


Resep abon yang satu ini tidak kalah enak sebagai pelengkap makanan, karena abon yang satu ini terbuat dari bahan ikan bandeng. Untuk para pecinta abon, silahkan mencoba rasa resep yang satu ini jika anda penasaran. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya dan bahan-bahan yang diperlukan..

Bahan :
  • 2 ekor ikan bandeng, dikukus, diambil dagingnya, disuwir-suwir
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, dimemarkan
Bumbu Halus :
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 3 butir bawang merah
  • 1/4 sdt jinten bubuk
Cara Membuat :
  1. Pertama, campurlah bumbu halus, daun salam, serai, dan ikan bandeng. Aduk sampai rata.
  2. Terakhir, tuangkan santan secara bertahap. Kemudian masaklah sambil diaduk-aduk terus menerus hingga matang dan kering.
  3. Abon Ikan Bandeng siap untuk disajikan.
Untuk 350 gr

Related Posts:

Resep Abon Ikan Lele

Resep Abon Ikan Lele


Cara menikmati gurihnya daging ikan tanpa takut dengan duri-durinya adalah dengan membuat abon. Kali ini kami menghadirkan resep abon yang dapat digunakan sebagai pelengkap makanan. Simak baik-baik yuk cara pembuatannya jika anda penasaran dengan resep yang satu ini..

Bahan :
  • 10 ekor ikan lele, digoreng, disuwir, ambil dagingnya saja
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdm gula merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
Bumbu Halus :
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 1 sdt ketumbar bubuk
Cara Membuat :
  1. Pertama, campurlah bumbu halus, daun salam, serai, dan ikan lele suwir. Aduklah hingga rata. Lalu masukkan gula merah dan garam. Aduk lagi hingga rata.
  2. Terakhir, tuangkan santan dengan pelan-pelan. Lalu masak sambil diaduk-aduk hingga matang dan kering.
Untuk 440 gr

Related Posts:

Resep Kolak Roti Sepesial

Resep Kolak Roti Sepesial


Kolak yang biasa sering anda temui yaitu berisi ubi, singkong, kacang hijau, dan lain-lain, namun kolak yang satu ini mempunyai isi yang berbeda yaitu, berisi roti. Nah, apa anda penasaran dengan kolak yang satu ini, jika ingin mencobanya ikuti langkah-langkah reseb dibawah ini. Selamat mencoba..

Bahan Ketan :
  • 200 gr beras ketan, rendam 1 jam
  • 1 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 1/8 sdt garam
  • 100 ml air
Bahan Kolak :
  • 250 gr gula pasir
  • 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 25 gr sagu mutiara merah
  • 50 gr kacang tanah tanpa kulit, disangrai
  • 8 lembar roti tawar, dipotong kotak menjadi 9 bagian
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
Cara Membuat :
  1. Bahan Ketan : Kukuslah beras ketan selama 15 menit hingga merekah.
  2. Rebuslah air, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Lalu tambahkan ketan kukus, aduklah hingga meresap.
  3. Kukuslah selama 30 menit hingga matang. Angkat sisihkan
  4. Kolak, rebus, vanila, gula, garam dan daun pandan bersama santan sambil diaduk hingga mendidih.
  5. sajikan ketan, roti tawar, sagu mutiara, dan kacang tanah didalam mangkuk saji. Kemudian tuangkan kuah kolak.
Untuk 8 porsi

Related Posts:

Resep Es Kolak Kacang Hijau Mutiara

Resep Es Kolak Kacang Hijau Mutiara


Inilah Es Kolak Kacang Hijau Mutiara, mungkin anda sering sekali menikmati sajian kolak yang satu ini, namun kolak yang satu ini beda dengan kolak yang biasa anda lihat, karena kolak yang satu ini di beri campuran es dan sagu mutiara. Jadi kolak yang satu ini terlihat segar dan istimewa.

Bahan :
  • 50 gr kolang kaling direbus diiris
  • 100 gr kacang hijau direndam, direbus sampai empuk dan mekar
  • 25 gr sagu mutiara warna merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 buah ubi merah, dipotong kotak
  • 150 gr gula pasir
  • 500 gr es batu
  • 1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
Cara Membuat :
  1. Pertama, didihkan santan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, lalu masukkan kolang koling, ubi, dan daun pandan hingga setengah matang
  2. Tambahkan garam dan gula pasir, kemudian masaklah hingga mantang. dinginkan.
  3. Terakhir tuang ke mangkuk saji. Masukkan sagu mutiara dan es batu.
  4. Es Kolak Kacang Hijau siap untuk disajikan.
Untuk 6 porsi

Related Posts:

Resep Kolak Bola - Bola Ronde Enak

Resep Kolak Bola - Bola Ronde Enak


Kolak yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik dan dapat menarik perhatian banyak orang. Jika anda ingin mencobanya, tinggal buat saja dirumah. Kami sudah menyediakan resep yang akan anda ikuti.

Bahan Kulit :
  • 15 gr tepung sagu
  • 200 gr tepung ketan
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 1/4 sdt garam
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 175 ml air hangat
  • 2 tetes pewarna merah mudah
Bahan isi ( aduk rata) :
  • 20 gr gula merah sisir
  • 50 gr kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan
Bahan Kolak :
  • 100 gr kacang hijau, dicuci bersih
  • 500 ml air
  • 1.500 santan dari 1 butir kelapa 
  • 100 gr kolang kaling, dipotong 2 bagian
  • 100 gr jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan
  • 300 gr gula merah, disisir halus
  • 1/4 sdt garam
Cara Membuat :
  1. Bahan Kulit : aduklah tepung sagu, tepung ketan, garam dan air kapur sirih hingga rata, lalu tuangkan air hangat sedikit - sedikit sambil diuleni hingga kalis dan licin.
  2. Bagi menjadi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah mudah, satu bagian tambahkan pewarna hijau tua, dan sisanya biarkan putih
  3. Ambilah sedikit adonan kulit, kemudian pipihkan. Berilah isi, lalu bentuk bulat. Sisihkan.
  4. Setelah itu rebuslah kacang hijau ke dalam air yang mendidih hingga matang. Kemudian tuangkan santan, dan masaklah hingga mendidih.
  5. Terakhir masukkan jahe,gula pasir, gula merah, garam, dan kolang koling. Aduk rata. Lalu masukkan bola - bola ronde. Kemudian masak hingga matang.
  6. Kolak Bola - Bola Ronde siap untuk dihidangkan.
Untuk 6 porsi

Related Posts:

Resep Sate Daging Sapi Bumbu Rempah

Resep Sate Daging Sapi Bumbu Rempah


Mungkin anda bosan dengan sate bumbu kacang...? Kini saya akan berbagi dengan anda resep dan cara membuat sate yang memakai bumbu rempah. Rasanya sangat enak da gurih sekali. Pingin mencobanya di rumah..? Ikuti resep di bawah ini..

Bahan yang di butuhkan :
  • 300 gr daging sapi has, dipotong - potong 2x2 cm
  • 1 sdm air asam jawa (2 sdt asam jawa +2 sdm air)
  • tusuk sate
Bumbu halus :
  • 6 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 1 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk 
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sdm gula merah
  • 1/8 sdt jinten bubuk
  • 1/4 sdt terasi, dibakar
  • 1.1/4 sdt garam
  • 3/4 sdt gula pasir 
  • 50 gr kelapa parut kasar, disangrai
Acar  ketimun : ( aduk rata )
  • 1 buah ketimun, dibuang biji, diiris tipis
  • 2 buah cabai merah, diiris halus
  • 1 sdt cuka
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Cara Membuat :
  1. Pertama, aduklah bumbu halus, daging, dan air asam. Diamkan selama 40 menit.
  2. Setelah itu tusuk-tusuk daging yang sudah disiapkan. Kemudian bakarlah hingga daging matang.
  3. Sate Daging Sapi Bumbu Rempah siap untuk di sajikan dengan acar timun.
Untuk 17 tusuk sate

Related Posts:

Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Aroma Jeruk

Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Aroma Jeruk

 
Untuk sate ayam yang satu ini rasanya sangan enak, karena selain bumbu kacangnya yang mantap, tapi juga ada aroma khasnya, yaitu jeruk limau yang segar dan enak. Ingin mencobanya.. ikuti resep di bawah ini....

 Bahan :
  • 150 gr paha ayam fillet dipotong - potong
  • 150 gr dada ayam fillet dipotong - potong
  • 15 buah tusuk sate 
Bahan perendam :
  • 1 sdt kecap asin
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/4 sdt merica bubuk
Bahan bumbu kacang :
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 150 gr kacang tanah kulit
  • 5 lembar daun jeruk, diiris - iris
  • 2 siung bawang putih
  • 35 gr gula merah sisir
  • 350 ml air panas
  • 1/2 sdt garam 
Bahan pelengkap :
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt air jeruk limau 
Cara Membuat :
  1. Pertama, campurkan ayam dan bahan perendam, aduk rata diamkan selama 30 menit.
  2. Setelah itu tusuk daging ayam di tusuk sate berseling dada dan paha, lalu bakar sate sampai matang dan sisihkan.
  3. Untuk bumbu kacang :goreng kacang tanah, cabai rawit, cabai merah keriting dan bawang putih, haluskan, tambahkan garam daun jeruk, gula merah, dan air panas, aduk rata.
  4. Sajikan sate bersama bumbu kacang dan pelengkap.
Untuk 15 tusuk

Related Posts:

Resep Donat Sate Kentang

Resep Donat Sate Kentang


Sate donat kentang ini di sajikan dengan cara di tusuk, sehingga bentuknya menterupai sate. dengan tampilan seperti ini, banyak anak anak yang ingin mencobanya. Apalagi di dalamnya terdapat prutan keju cheddar, mbikin rasanya tambah mantap. Ingin bikin sendiri di rumah..? Ini resepnya...

Bahan yang di butuhkan :
  • 100 gr Kentang ukuran sedang, kukus dan di haluskan
  • 300 gr Tepung terigu protein tinggi
  • 10 gr Susu bubuk
  • 30 gr Gula pasir
  • 1,5 sdt Ragi instan
  • 1 butir Telur
  • 150 ml Air es
  • 1 sdt Garam
  • 30 gr Margarine
  • Beberapa tusuk sate
Bahan penutup :
  • 100 gr Keju cheddar parut
  • 50 gr Butter cream
Cara membuatnya :
  1. Pertama campur tepung terigu, kentang, gula, ragi instan dan susu bubuk lalu aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit dan di uleni sampai kalis. Setelah itu masukkan margarine dan garam uleni lagi sampai elastis, diamkan selama 15 menit.
  2. Tunggu adonan mengempis, setelaj itu timbang masing masing 15 gr, bulatkan, letakkan di loyang yang sudah di taburi tepung terigu.
  3. Setelah itu goreang dalam minyak yang sudah di panaskan sampai matang.
  4. Angkat dan dinginkan, setelah itu salah satu sisi dengan butter cream lalu tabur keju cheddar parut. Tusuk tusuk ke tusuk sate.
 Untuk 13 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Ulir Kentang Goreng

Resep Sate Ulir Kentang Goreng


Sajian yang satu ini terbuat dari kentang, rasanya cocok untuk cemilan di sore atau malam hari saat kita nonton acara di televisi, ataupun acara santai. Yuk ikuti resepnya, saya akan berbagi dengan anda..

Bahan yang di butuhkan :
  • 30 buah Kentang beukuran sedang
  • 30 biji Tusuk sate
Bahan untuk merendam :
  • 5 sdm Air kapur sirih
  • 7.1/2 sdm Garam
  • 7.500 ml Air
 Bahan untuk Pelapis :
  • 250 gr Tepung beras
  • 1.250 gr Tepung terigu
  • 5 sdt  Garam
  • 2.1/2 sdt Merica bubuk
 Bahan Taburan :                                                                                                                 
  • 5 sdt Cabai bubuk
  • 375 gr Bumbu balado bubuk, siap pakai
  • 2.1/4 sdt Merica bubuk
Cara mambuatnya :
  1. Kupas kentang dan cuci sampai bersih, lalu tusuk kentang dengan tusuk sate.
  2. Iris kentang dengan cara melingkar lalu tarik dari ujung atas sampai bawah hingga membentuk ulir, setelah itu rendam di dalam bahan perendam. Sisihkan.
  3. Tepung terigu,tepung beras, garam dan merica di campur jadi satu lalu di aduk sampai rata. gulingkan kentang di atas bahan pelapis tadi.
  4. Kemudian goreng kentang dalam minyak dengan api sedang hingga kering lalu tiriskan.
  5. Terakhir, tabur satr kentang dengan bahan taburan.
 Untuk 30 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Sum Sum

Resep Sate Sum Sum


Jarang sekali sate yang satu ini kita jumpai, baik di rumah makan atau di warung. Padahal kalau kita mau mecicipi, rasanya enak lho..tidak kalah dengan sate sate yang lain. Mau coba bikin sendiri di rumah..? Saya bagikan resepnya...

Bahan yang di butuhkan :
  • 250 gr Sumsum sapi dipotong potong 2x1/2 cm
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1/2 sdm Air jeruk limo
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1 sdt Ketumbar bubuk
  • 1 sdm Margaine leleh
  • 25 ml Kecap manis untuk tusuk sate
Untuk bahan Saus :
  • 10 Cabai merah besar, di buang bijinya dan direbus hingga layu
  • 5 butir Bawang merah, haluskan
  • 2 siung Bawang putih, haluskan
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 300 ml Air
Cara membuatnya :
  1. Pertama, campurkan air jeruk limau, garam.gula, margarine, kecap manis, ketumbar dan merica. Aduk sampai rata, lalu lumuri sumsum sapi dan diamkan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah itu tusuk tusuk sumsum ke dalam tusuk sate dan bakar sambil di olesi sisa bumbu.
  3. Untuk saus : campur bawang putih, bawang merah, cabai merah dan air, lalu masak hingga harum. Tambahkan garam dan gula, aduk rata.
  4. Terakhir, sajikan sate sumsum beserta kecap manis da saus.
Untuk 9 porsi

Related Posts:

Resep Sate Ayam Bumbu Bali Mantap

Resep Sate Ayam Bumbu Bali Mantap


Untuk resep sate ayam yang satu ini beda dengan sate ayam yang lain, karena untuk sate ayam ini saya kombinasikan dengan bumbu bali yang membuat rasanya lebih mantap. Dan anda pasti ingin mencobanya. Sangat cocok sekali dihidangkan dengan nasi hangat maupun lontong. Mau coba bikin sendiri dirumah..? Nih resepnya....

Bahan yang di butuhkan :
  • 300 gr Paha ayam, ambil dagingnya di potong kotak 2x2cm
  • 1 batang Serei, di memarkan
  • 5 lbr Daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1/4 sdt Gula merah, di sisir
  • 3/4 sdt Garam
  • 1 sdm Air asam jawa ( 1 sdt asam di campur 2 sdm air )
  • 75 ml Minyak goreng, untuk menumis
  • 10 biji Tusuk sate
Untuk Bumbu Halus :
  •  2 siung Bawang putih
  • 6 butir Bawang merah
  • 2 buah Cabai merah besar
  • 5 buah Cabai rawit
  • 1 sdt Terasi goreng
  • 1 cm Jahe
 Cara mengolahnya :
  1. Pertama, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serei sampai harum, angkat.
  2. Kemudian masukkan ayam, tambah kecap manis, garam, gula merahdan air asam jawa. Aduk sampai rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari es.
  3. Setelah itu angkat dan tusuk tusuk daging di tusukan sate.
  4. Terakhir, bakar sate sambil di bolak balik dan di olesi sisa bumbu tadi sampai matang dan harum.
Untuk 10 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Lilit Ayam

Resep Sate Lilit Ayam 
 

Untuk sate lilit ayam ini sama saja dengan sate lilit daging sapi, hanya bedanya dari bahan dagingnya saja. Rasanyapun juga enak kok.. pingin mencobanya..?  Yuk simak resep di bawah ini..

Bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gr Ayam giling
  • 100 gr Udang giling
  • 1 sdm Santan instan, kental
  • 1 tangkai Kucai, di potong 1/2 cm
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1/2 sdt Garam
  • 11 batang Serei, untuk tusukan
  • 2 sdm Minyak goreng, untuk tumis
Bumbu Halus :
  • 2 butir Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 3 buah Cabai merah keriting
  • 1 butir Kemiri
  • 1 cm Kunyit, di bakar
  • 1/2 sdt Terasi
  • 1/4 sdt Ketumbar
Cara mengolahnya :
  1. Pertama Tumis bumbu halus sampai harum lalu angkat.
  2. Lalu masukkan ayam giling, udang giling, kucai, garam, dan gula pasir dan aduk hingga rata.
  3. Kemudian ambil sedikit adonan ayam, buat pentol di batang serei.
  4. Bakar dalam pan yang sudah di panaskan sampai matang dan harum.
Untuk 11 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Pentol Daging Bumbu Saus Yoghurt

Resep Sate Pentol Daging Bumbu Saus Yoghurt


Jenis sate apapun selalu potongan dagingnya berukuran kecil kecil seperti dadu, Namun untuk sate yang satu ini di buat dengan menggunakan daging giling dan olesan saus. sehingga bentuk sate ini memanjang seperti sossis. dan rasanyapun tak kalah enaknya dengan sate yang lain.. Mau cobe..? Ini resepnya...

Bahan untuk Sate :
  • 300 gr Daging giling
  • 1/4 sdt Merica bubuk
  • 1/4 sdt Pala bubuk
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1/2 sdt Paprika bubuk
  • 1/2 sdt Bawang putih bubuk
  • 3/4 sdt Garam
  • 12 biji Tusuk sate
 Bahan untuk Olesan :
  • 1 sdm Saus sambal
  • 1 sdm Saus tiram
  • 3 sdm Saus tomat
  • 1 sdm Margarin, lelehkan
 Bahan untuk Saus :
  • 50 gr Jamur kancing, cincang kasar
  • 100  mn Yoghurt plain
  • 200 ml Susu cair
  • a siung Bawang putih
  • 1/4 buah Bawang bombai, cincang halus
  • 1 sdm Tepung terigu
  • 1/4 sdt Garam
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 sdm Margarine
Cara membuatnya :
  1. Pertama aduk rata daging giling dengan garam, merica bubuk, gula pasir, paprika bubuk, dan bawang putih bubuk, sampai rata. Lalu bentuk bulat seperti bakso, tusuk di tusukan sate, sisihkan.
  2. Kedua,  semua bahan untuk olesan dicampur dan di aduk sampai rata.
  3. Panggang daging, di bolak balik sambil di olesi dengan bumbu olesan sampai matang.
  4. Untuk Saus : Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, lalu masukkan tepung terigu dan aduk sampai berbutir. Tuang susu caiur sedikit demi sedikit sampai licin.
  5. Lalu tambahkan jamur, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk sampai rata dan masak sampai mendidih, angkat
  6. Terakhir masukkan yoghurt dan aduk sampai rata.
  7. Sate siap di sajikan bersama pentolnya.
Untuk 12 tusuk

Related Posts:

Resep Kepiting Goreng Sepesial

Resep Kepiting Goreng Sepesial


Biasanya kalau kita mendengar masakan kepiting, pasti masakan ini berkuah.Tapi untuk resep yang satu ini saya akan mencoba dengan masakan kepiting goreng. Rasanya sama lezatnya dengan yang lain, namun hanya bahan dan cara membuatnya saja yang agak mudah dibanding dengan masakan kepiting yang lain. Anda ingin mencobanya sendiri di rumah..? Nih resepnya..
Bahan :
  • 200 ml air untuk merendam
  • 2 ekor kepiting, dicuci bersih, dipotong dua bagian
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
Bahan Sambal (ulek) :
  • 3/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 8 buah cabai merah keriting, digoreng
  • 1/2 buah tomat, digoreng
  • 1 sdt terasi, digoreng
  • 2 butir bawang merah, digoreng
Cara Membuat :
  1. Pertama, rendamlah kepiting kedalam air, lalu tambahkan air jeruk nipis, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan bawang putih. Diamkan selama 25-30 menit.
  2. Setelah itu, gorenglah kepiting dalam minyak yang sudah diberi 2 sdm margarin didalamnya hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Kepiting Goreng Sepesial siap untuk disajikan dengan sambalnya.
Untuk 4 potong

Related Posts:

Resep Kepiting Saus Merah

Resep Kepiting Saus Merah


Resep Kepiting bumbu saos merah ini tak kalah lezatnya dengan resep kepiting bumbu yang lain, apalagi kalau di hidangkan pada pagi ataupun siang hari dengan saos sambal yang pedas, sangat enak. Satu persatu bagian kita buka, dan bumbunya meresap sampai kedalam, membuat lidah kita tak henti hentinya ingin makan. Anda pingin tahu resepnya..? Niah dia....

Bahan :
  • Minyak goreng
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 2 batang daun bawang, diiris miring
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 100 ml air
  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 6 butir bawang merah, dicincang kasar
  • 3 cm jahe, dicincang halus
  • 2 buah cabai merah keriting, dicincang halus
  • 2 ekor kepiting, dibersihkan, dipisahkan cangkang dari badannya, dibagi dua vertikal badannya
Cara Membuat :
  1. Pertama, memarkan dulu capitannya kepiting. Lalu gorenglah kepiting hingga berubah warna. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumislah bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Tambahkan cabai merah keriting. Aduklah hingga layu.
  3. Setelah itu masukkan kepiting. Aduklah sampai rata. Lalu tambahkan saus sambal, saus tomat, gula pasir, garam, dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  4. Yang Terakhir, tuangkan air. Masaklah sambil diaduk-aduk hingga mengental. Kemudian Tambahkan daun bawang. Diamkan sebentar lalu angkat.
  5. Kepiting Saus Merah siap untuk disajikan.

Related Posts:

Resep Kepiting Masak Santan

Resep Kepiting Masak Santan


Resep masakan Kepiting Bumbu Santan ini mungkin sudah pernah anda praktekkan di rumah, memang rasanya sangat gurih dan mantap, apalagi kalau di hidangkan dalam keadaan masih panas dan di lengkapi dengan nasi putih yang hangat, sangat pas rasanya. Tapi kali ini saya akan berbagi resep dengan anda yang mungkin belum pernah membuat masakan ini.. Ini resepnya...
Bahan :
  • 2 ekor kepiting, cuci bersih, direbus
  • 300 ml santan dari perasan santan kental
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
Bumbu Halus :
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai merah besar
  • 6 butir bawang merah
  • 1 cm jahe
Cara Membuat :
  1. Pertama, potonglah kepiting menjadi dua bagian.
  2. Setelah itu rebuslah kepiting, lalu tambahkan bumbu halus, santan encer, gula pasir, garam, dan daun salam hingga mendidih dan matang.
  3. Terakhir, tuangkan santan kental. Kemudian masaklah hingga mendidih.
  4. Kepiting Masak Santan siap untuk disajikan.
Untuk 2 porsi

Related Posts:

Resep Kepiting Bumbu Rendang Kecap

Resep Kepiting Bumbu Rendang Kecap


Anda pasti sudah seringkali makan masakan kepiting di restaurant ataupun di rumah makan, rasanya yang enak dan gurih, karena di sertai bumbu rendang yang kental, membuat harga masakan ini terkenal mahal. Mungkin anda ingin mencobanya sendiri di rumah untuk hidangan keluarga..? Boleh...Ini resep dan caranya...

Bahan :
  • 2 ekor kepiting, bersihkan
  • 4 sdm kecap manis
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 cm jahe memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1/2 sdm gula merah, disisir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 batang daun bawang, iris serong
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 400 ml air
Bumbu Halus :
  • 2 sdt ketumbar
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung kemiri sangrai
Cara Membuat :
  1. Pertama, baluri kepiting dengan air jeruk lemon. Diamkan selama 10-15 menit, cuci bersih. Rebuslah hingga matang
  2. Kemudian Tumislah bumbu halus, jahe, dan serai, hingga baunya harum. Lalu tambahkan cabai rawit merah. Aduklah hingga layu.
  3. Setelah itu, masukkan kepiting, dan tambahkan kecap manis, garam, gula merah. Aduklah hingga rata.
  4. Tuanglah air pelan-pelan. Masak hingga meresap.
  5. Kepiting Bumbu Rendang Kecap siap untuk disantap.

Related Posts:

Resep Sate Maranggi Cianjur

Resep Sate Maranggi Cianjur



Masih banyak jenis masakan sate yang akan saya bagikan kepada anda, termasuk jenis masakan satr yang satu ini, yaitu Sate Maranggi. Bahan dagingnya adalah daging sapi yang di bumbui dengan  kecap manis dengan sambal oncom. Uli bakar adalah pelengkapnya. Mau tahu...? Nih resepnya..

Bahan yang di butuhkan :
  • 100 gr Lemak sapi, di potong 2x2x1 cm
  • 400 gr Daging sapi, di potong 2x2x1cm
  • 2 sdm Kecap manis
  • 1 sdt Minyak goreng
  • 24 Tusuk sate
Untuk Bumbu halus :
  • 400 gr Gula merah
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 sdt Garam
Untuk Sambal Oncom :
  • 100 gr Oncom di haluskan
  • 500ml Air
  • 2 butir Bawang merah
  • 2 bh Cabai rawit
  • 1 bu Cabai merah
  • 2.1/4 sdt Gula pasir
  • 3/4 sdt Garam
  • 2 cm Kencur
  • 1 cm Jahe
  • Uli bakar ( untuk pelengkap )
Cara mengolahnya :
  1. Pertama rendam daging dan lemak sapi, dalam campuraun bumbu halus, minyak goreng, dan kecap manis, lalu remas remas sampai rata. Dan diamkan di lemari es kurang lebih 1 jam.
  2. Setelah itu tusuk tusuk daging dan lemak secara bergantian di tusuk sate.
  3. Bakar sampai matang sambil di olesi bumbu sisa rendaman.
  4. Untuk sambal Oncom : Rebus air dan bumbu halus sampai mendidih, tambahkan oncom danmasak sampai matang.
  5. Hidangkan sate dan sambal oncom beserta pelengkapnya.
Untuk 24 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Kerang Pedas Dan Manis

Resep Sate Kerang Pedas Dan Manis
 

Kalau kita mendengar sate kerang, kita membayangkan betapa rasanya sangat gurih dan enak, apalagi kalau di bumbu pedas manis, sungguh sangat cocok di suguhkan dengan nasi yang masih panas. Dan pasti mantap...Kalau ingin ingin buta sendiri di rumah, ini resepnya.

Bahan :
  • 300 gr Kerang dara, di cuci
  • 2 lbr Daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 batang Daun serei, ambil putihnya dan memarkan
  • 2 lbr Daun salam
  • 3/4 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula merah
  • 1.1/2 sdm Kecap manis
  • 400 ml Air kelapa
  • 2 sdm Minyak untuk menumis
  • 17 bh Tusuk sate
Bahan Bumbu Halus :
  • 2 siung Bawang putih
  • 6 butir Bawang merah
  • 5 bh Cabai rawit
  • 1 buah Cabai merah
  • 1 cm Jahe
  • 1 cm Kunyit bakar
Cara Membuatnya :
  1. Pertama tumis bumbu halus, daun salam, serei, dan daun jeruk sampai harum.
  2. Lalu masukkan kerang dara, aduk. tambakan kecap manis, garam dan gula merah lalu aduk sampai rata.
  3. Kemudian tuang air kelapa, messan dengan api sedang sampai matang da bumbu meredap.
  4. Langkah teakhir tusuk tusuk daging kerang di tusuk sate, dan hidangkan dengan nasi yang masih panas.
Untuk 17 tusuk


Related Posts:

Resep Sate Tempe Kare Pedas

Resep Sate Tempe Kare Pedas


Dengan variasi berbeda tempe bisa di olah dengan berbagai macam rasa, sehingga kita tidak merasa jenuh dengan masakan berhahan tempe. Ingin tahu resepnya...? yuk ikuti ya....

Bahan :
  • 400 gr tempe, dipotong 2x2 cm
  • 150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 15 buah tusuk sate
  • 1 sdt kari bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu Halus :
  • 1 cm kunyit, dibakar
  • 2 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah keriting
Cara Membuat :
  1. Pertama, panaskam minya, tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Lalu masukkan tempe, aduk rata. Tambahkan kari bubuk, garam, gula pasir, aduk hingga rata.
  3. Kemudian tuang santa, masak sampai matang dan bumbu meesap, angkat.
  4. Terakhir, tusuk tusuk sata, bakar di atas bara api hinggan harum dan kecoklatan.
Untuk 15 tusuk

Related Posts:

Resep Sate Pisang Hunkwe

Resep Sate Pisang Hunkwe


Mendengan kata sate pasti kita membayangka sate daging ataupun ayam. Bukan itu yang kami maksud, kali ini saya akan memberi resep mengenai cara mengenai cara membuat satr yang bahaanya darp pisang, hunkwe dan meisis coklat... ini resepnya....

Bahan yang di butuhkan : 
  • 75 gr Tepung hunkwe
  • 3 bh Pisang tanduk
  • 600ml Santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 lbr Daun pandan
  • 1/4 sdt Garam
  • 180 gr Gula pasir
  • 14 bta Tusuk sate
Bahan pelengkap :
  •  50 gr Susu kental manis
  • 50 gr Meises coklat
 Cara membuatnya :
  1. Pertama kukus dulu pisang tanduk dalam dandang selama 15 menit, angkat.
  2. Setelah matang kupas dan iris bulat dengan tebal 2 cm, lalu tusuk dengan tusuk sate, sisihkan.
  3. Larutkan tepung hunkwe dalam santan, masukkan daun pandan, garam,dan gula pasir.
  4. Lalu masak di atas api sedang sambil di aduk dan sampai meletup letup.
  5. Masukkanadonan kue ke dalam plastik segitiga. dengan posisi masih panas semprotka di atas pisang.
  6. Langkah terakhir,  beri susu kental manis dan taburi dengan meises coklat.
  7. Siap di sajikan 
Untuk 14 tusuk

Related Posts: